Menu

Mode Gelap
Serangan Israel di Gaza: 112 Warga Tewas dan 157 Luka-luka dalam 24 Jam Terakhir Israel Menembaki Warga Palestina yang Sedang Menunggu Bantuan Kemanusiaan Sulitnya Bantuan, Warga Palestina Terpaksa Giling Pakan Ternak untuk Membuat Roti Lebih Dari 20 Warga Palestina Syahid Akibat Serangan Udara Israel di Kamp Nusairat Jurnalis dan Dokter dari RS Nasser Jadi Target Penyerangan Israel

Sejarah · 23 Jan 2024 12:27 WIB

Sejarah Palestina Sebagai Tanah Berharga Bagi Umat Muslim


 Foto: www.pshk.or.id Perbesar

Foto: www.pshk.or.id

KabarPalestina.com – Sejarah Palestina lebih panjang dari yang kita kira, namun perannya untuk muslim sangat berharga sekali. Banyak kejadian bersejarah para nabi melibatkan negara yang kini sedang berusaha penjajah Israel rebut dari penduduk aslinya.

Sejarahnya dimulai sejak zaman Nabi Adam Alaihissalam Allah turunkan ke dunia, yang mana beliau membangun Ka’bah pertama di muka bumi ini sesuai dengan perintah dari Allah.

Setelah zaman nabi Adam berlalu, sejarah-sejarah terbaik umat muslim banyak melibatkan masjidil Aqsa serta Masjidil Haram. Untuk mengetahuinya lebih jauh lagi, silahkan untuk menyimak pembahasan lengkapnya.

Sejarah Palestina Tempat Berharga Umat Muslim

Berlanjut pada zaman nabi Nuh, yang mana kedua bangunan tersebut sempat rusak karena terjadinya banjir bah menimpa kaumnya yang membangkang. Setelahnya keturunan dari Nabi Nuh terus menyebar ke berbagai pelosok, menjadi nenek moyang ras serta suku bangsa.

Serta membawa agama Tauhid agar lebih banyak dipahami oleh manusia. Hingga akhirnya sampai pada zaman Nabi Ibrahim yang menjadi nabi serta kekasih Allah bertugas menyebarkan agama Islam untuk kaumnya.

Sebelumnya ia hidup di Babilonia, Irak sebuah negeri yang makmur tapi penuh dengan gaya hidup jahiliyah serta dikuasai oleh Raja Namrud. Ia berdakwah untuk membawa penduduk ke jalan benar untuk tidak lagi menyembah berhala namun hidayah hanya Allah berikan pada orang terpilih.

Sehingga Allah memerintahkan Ibrahim, istrinya Sarah juga keponakannya Nabi Luth untuk hijrah ke Palestina. Sebab tanah Baitul Maqdis merupakan tempat yang penuh harapan juga pusat keberkahan.

Pada tanah tersebut nabi Ibrahim mengajarkan agama tauhid pada manusia tepatnya di Hebron, Al Khalil. Tempat tersebut menjadi saksi lahirnya dua nabi luar biasa lainnya yakni Nabi Ismail dan Ishaq.

Keduanya tumbuh menjadi anak yang patuh serta kecintaannya pada Allah yang luat biasa. Ismail kecil harus ditarbiyah pada negeri nantinya menjadi petunjuk bagi seluruh manusia, dan Ishak tumbuh pada tanah penuh keberkahan ini.

Nabi Ibrahim juga mengajak Ismail membangun Ka’bah sedangkan nabi Ishaq menegakan Masjidil Aqsa. Dan dari Nabi Ishaq lah kemudian lahir Nabi Ya’qub dan ialah yang mempunyai julukan sebagai Israil.

Memiliki 12 anak dan salah satunya ada nabi Yusuf yang tinggal di Palestina serta memelihara Masjidil Aqsa. Sejarah berlanjut pada keturunan dari Nabi Yaqub yang tinggal pada tanah Mesir, keturunannya bisa berada di Mesir karena kemurah hatian Nabi Yusuf yang memaafkan saudara-saudaranya dan membuat mereka semua tinggal di Mesir. (terdapat dalam Al-Quran surah Yusuf).

Dari Nabi Musa Hingga Hijrahnya Rasulullah

Hingga keturunan yang tinggal di Mesir merasakan kekuasaan dari raja Firaun yang terkenal akan kekejaman, zalim, bahkan berani menyatakan diri sebagai Tuhan yakni Ramses II. Allah menurunkan kembali manusia pilihannya yakni Nabi Musa.

Merupakan nabi yang seringkali Allah kisahkan dalam Al-Quran begitu juga dengan kaum Bani Israil. Sebuah kisah sejarah yang memberikan pelajaran agar kita memperhatikan kaum tersebut, karena menjadi salah satu bangsa yang Allah sisakan untuk menjadi ujian bagi kita semua. Telah Allah jelaskan dalam surah Al-Maidah ayat 20-26, itulah bangsa Yahudi, kaum Bani Israil yang kini berusaha menguasai tanah Palestina padahal dulunya merekalah yang menolaknya sejak diperintahkan untuk masuk.

Hingga pada akhirnya Allah menghukum mereka tidak boleh memasuki Al-Quds selama 40 tahun dan Allah telah menyesatkan mereka. Sampai generasi yang sholeh pun lahir, sedangkan nabi Musa meminta Allah mewafatkannya dekat Baitul Maqdis dan Allah mengabulkannya.

Kemudian berlanjut pada masanya Nabi Isa AS, yang mana ia lahir di Betlehem, Palestina. Oleh seorang ibu yang mulai sekaligus wanita suci yakni Maryam, bayi dalam kandungannya Allah pilih sebagai utusannya selanjutnya.

Dan pada akhirnya sampai pada zaman Nabi Muhammad SAW, yang mana terjadi peristiwa luar biasa bagi umat muslim. Pada masa itu Rasulullah mendapatkan mukjizat Isra Mi’raj, yang mana nabi Muhammad diisra’kan oleh Allah dari Masjidil Haram ke Baitul Maqdis.

Sejarah Palestina yang berkaitan dengan umat muslim ini, menunjukan betapa pentingnya tanah tersebut bagi seluruh umat muslim dunia. Seharusnya bukan hanya Palestina saja yang berjuang tapi kita juga ikut andil merebut dan menjaga tanah tersebut.

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Mengenal Istana Hisham, Salah Satu Peninggalan Islam di Palestina

28 Januari 2024 - 10:42 WIB

6 Fakta Kota Tua Yerusalem, Kota Suci Bagi Tiga Agama

28 Januari 2024 - 10:35 WIB

Bukan Hanya Milik Umat Islam, Ini 5 Wisata Religi Palestina Agama Lain

27 Januari 2024 - 09:49 WIB

Daftar 5 Masjid Bersejarah di Palestina, Apakah Hari Ini Masih Ada?

25 Januari 2024 - 13:20 WIB

Jadi Masjid Tertua Setelah Masjidil Haram, Ini Kisah Berdirinya Masjid Al-Aqsa Palestina

24 Januari 2024 - 14:48 WIB

Akar Konflik yang Terjadi Antara Palestina dan Israel

24 Januari 2024 - 14:42 WIB

Trending di Sejarah