Menu

Mode Gelap
Serangan Israel di Gaza: 112 Warga Tewas dan 157 Luka-luka dalam 24 Jam Terakhir Israel Menembaki Warga Palestina yang Sedang Menunggu Bantuan Kemanusiaan Sulitnya Bantuan, Warga Palestina Terpaksa Giling Pakan Ternak untuk Membuat Roti Lebih Dari 20 Warga Palestina Syahid Akibat Serangan Udara Israel di Kamp Nusairat Jurnalis dan Dokter dari RS Nasser Jadi Target Penyerangan Israel

Sejarah · 28 Jan 2024 10:35 WIB

6 Fakta Kota Tua Yerusalem, Kota Suci Bagi Tiga Agama


 Foto: era.id Perbesar

Foto: era.id

KabarPalestina.com – Kota Tua Yerusalem menjadi salah satu tempat wisata religi yang Palestina miliki. Kehadiatan kota tersebut, menjadi rebutan penduduk Palestina dengan Yahudi.

Sejarah dari tempat inilah yang membuat banyak orang merasa tertarik berkunjung, seperti adanya Masjid Al-Aqsa kiblat pertama umat muslim sekaligus tempat bersejarah dalam perjalanan dakwah para nabi.

Sedangkan bagi penduduk Yahudi sendiri tempat ini menyimpan sejarah berharga. Untuk mengenalinya lebih jauh, mari kita bahas sejumlah fakta kota tua Yerusalem ini.

Fakta Kota Tua Yerusalem

Yerusalem menjadi kota tertua di dunia, sekaligus menjadi kota suci bagi ketiga agama besar yakni; Islam Kristen, dan Yahudi. Tidak heran jika tanahnya menjadi rebutan bahkan mampu menimbulkan peperangan seperti yang saat ini terjadi dengan adanya penjajahan Israel pada Palestina.

1. Telah Ditaklukan Lebih dari 40x

Tempat ini memang populer sekali dengan sejarahnya, karena sudah ada sejak berabad tahun lamanya. Dan sudah melalui banyak peperangan, terutama peperangan memperebutkan tempat ini.

Karena Yerusalem mempunyai banyak pesaing, masing-masing dari mereka menginginkan kota tersebut untuk mereka sendiri. Sejarah menyebutkan ada 16 perang memperebutkan kota ini, mengalami penghancuran sebanyak 2x.

Selain itu, kota ini juga pernah dikepung sebanyak 23x serta mendapatkan serangan 52x, dijajah dan direbut kembali sebanyak 44x.

2. Objek Pengabdian Tiga Agama

Seperti sudah kita singgung sebelumnya, tempat ini menjadi kota suci bagi tiga agama sekaligus menjadi tempat pengabdian. Dalam agama islam menjadi tujuan nabi Muhammad melakukan perjalanan isra miraj, menjadi tempat suci bagi penduduk muslim.

Selain itu, bagi agama kristen, kota tersebut menjadi tempat Yesus menderita juga mengalami kemenangan. Dan bagi Yahudi sendiri, ini merupakan kemerdekaan prasejarah, pusat kebangkitan, dan fokus kerinduan kuno.

Tidak heran jika pada kota ini dengan mudah kita temukan tempat-tempat ibadah bagi ketiga agama tersebut. Kurang lebih ada 33 masjid, 50 gereja, dan 300 sinagog pada kota Yerusalem.

3. Sepenuhnya Bertembok

Fakta lainnya dari tempat ini sepenuhnya bertembok atau dikelilingi oleh tembok tinggi, dengan panjang sekitar 2,5 m, tinggi 40 kaki, serta tebalnya mencapai 8 kaki. Tembok tinggi ini mempunyai prospek untuk menara pengawas.

Ada 34 menara pengawas yang mengawasi wilayah Yerusalem, dulu tujuannya untuk memberikan perlindungan. Untuk memasukinya, wisatawan bisa masuk melalui salah satu dari tujuh gerbang yang ada. 

Tampilannya tampak berbeda, hal tersebut berkat adanya undang-undang Kotamadya mengharuskan semua bangunannya harus ditutupi oleh batu Yerusalem, untuk memastikan pelestarian sejarahnya.

4. Ada 60 Musem

Bukan hanya itu saja, fakta lainnya dari tempat ini memiliki kurang lebih 60 museum. Banyak museum yang menyimpan sejarah dan bisa kamu pelajari selama mengunjungi tempat tersebut.

Ada museum seni, sains, sejarah, hingga banyak pilihan lainnya. Bahkan ada Gulungan Laut Mati yang populer dari manuskrip Alkitab tertua yang pernah ada disimpan pada Musem Israel.

5. Memiliki Lebih dari 1.500 Taman dan Kebun

Fakta menarik lainnya untuk kamu ketahui terkait tempat ini adanya 1.500 taman dan kebun yang cantik dan memanjakan. Padahal jika kita melihat daerahnya, tempat ini merupakan kota yang berada pada daerah gurun.

Maka dari itu, Yerusalem mengembangkan diri serta membuat dunia merasa kagum karena membuat taman hijau sehingga penampilannya tampak lebih menyegarkan mata. Pengunjung dapat menyaksikan keindahan flora serta fauna, sambil menikmati hijaunya kebun juga taman.

6. Pohon Berusia Lebih dari 800 Tahun

Bukan hanya itu saja, fakta menarik yang kota tua ini miliki adanya pohon berusia sudah sangat tua sekali. Beberapa pohon zaitun tersebut memiliki umur sekitar 900 tahun atau bahkan lebih.

Pohon zaitun sendiri memiliki tampilan kecil atau seperti semak besar dengan daun lonjong, warnanya tampak pucat, hijau keperakan. Sedangkan bagian batang pohonnya sering berbonggol juga dipelintir sehingga tampilan terlihat lebih menarik ketika usianya semakin bertambah tua.

Fakta lain perlu kamu ketahui kota tua Yerusalem ini mempunyai lebih dari 26 kilang anggur, dan menyimpan kuburan tertua di dunia.

Artikel ini telah dibaca 44 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Mengenal Istana Hisham, Salah Satu Peninggalan Islam di Palestina

28 Januari 2024 - 10:42 WIB

Bukan Hanya Milik Umat Islam, Ini 5 Wisata Religi Palestina Agama Lain

27 Januari 2024 - 09:49 WIB

Daftar 5 Masjid Bersejarah di Palestina, Apakah Hari Ini Masih Ada?

25 Januari 2024 - 13:20 WIB

Jadi Masjid Tertua Setelah Masjidil Haram, Ini Kisah Berdirinya Masjid Al-Aqsa Palestina

24 Januari 2024 - 14:48 WIB

Akar Konflik yang Terjadi Antara Palestina dan Israel

24 Januari 2024 - 14:42 WIB

Sejarah Palestina Sebagai Tanah Berharga Bagi Umat Muslim

23 Januari 2024 - 12:27 WIB

Trending di Sejarah