Menu

Mode Gelap
Serangan Israel di Gaza: 112 Warga Tewas dan 157 Luka-luka dalam 24 Jam Terakhir Israel Menembaki Warga Palestina yang Sedang Menunggu Bantuan Kemanusiaan Sulitnya Bantuan, Warga Palestina Terpaksa Giling Pakan Ternak untuk Membuat Roti Lebih Dari 20 Warga Palestina Syahid Akibat Serangan Udara Israel di Kamp Nusairat Jurnalis dan Dokter dari RS Nasser Jadi Target Penyerangan Israel

Sejarah · 27 Jan 2024 09:49 WIB

Bukan Hanya Milik Umat Islam, Ini 5 Wisata Religi Palestina Agama Lain


 Foto: nationalgeographic.grid.id Perbesar

Foto: nationalgeographic.grid.id

KabarPalestina.comBanyak orang mengira Palestina hanya diduduki oleh penduduk muslim saja, padahal ada orang yang beragama Kristen, hingga kaum Yahudi tinggal dalam negara tersebut dan menyimpan wisata religi Palestina untuk ketiganya.

Banyak tempat-tempat wisata menarik untuk para wisatawan kunjungi jika datang ke negara tersebut. Selain menyaksikan bangunan bersejarah, kita juga bisa memahami perjalanan sejarah yang telah berlalu melalui arsitektur bangunan.

Tempat-tempat tersebut seringkali menjadi objek wisata, namun saat ini kabarnya belum kita ketahui pasti. Sebab, pasukan zionis terus melancarkan aksinya menyerang dan menghancurkan Palestina.

Wisata Religi Palestina

Dari balik penyerangan yang zionis lakukan pada penduduk Palestina, ada sejumlah tempat wisata menunjukan bahwa negara tersebut bukan hanya ada umat muslim saja. Melainkan juga adanya penduduk beragama kristen serta kaum yahudi.

Mengingat tempat ini memang menjadi tempat bersejarah bagi umat muslim, kristen serta Yahudi sehingga cukup banyak tempat wisata terkait ketiganya. Terutama untuk wisata religi, kamu bisa mengetahuinya melalui pembahasan berikut ini;

1. Masjid Ibrahim

Pertama ada Masjid Ibrahim yang berada di bagian selatan Tepi Barat, Palestina. Merupakan bangunan suci tertua masih penduduk gunakan, dan menjadi tempat suci keempat milik umat islam. 

Serta menjadi banguanan suci kedua bagi orang Yahudi setelah Temple Mount. Bangunan ini dapat menampung umat muslim dan kaum Yahudi tepatnya di Masjid dan Sinagog yang tersedia.

Agar bisa memasuki bangunan satu ini, wisatawan harus menunjukkan visa atau paspor, juga surat identitas agar bisa memasukinya juga melewati pos pemeriksaan Israel agar bisa memasuki situs bersejarah ini.

2. Masjid Al-Aqsa

Siapa yang tidak kenal dengan masjid satu ini, salah satu situs bersejarah berharga sekali bagi umat muslim. Dan sudah menjadi saksi atas perang yang terjadi antara Israel dengan Palestina sejak ratusan tahun lalu.

Dan sudah tak terhitung lagi, Israel menyerang penduduk muslim sedang beribadah di masjid tersebut. Letaknya sangat strategis, berada di jantung kota dengan tembok Yerusalem sebagai pelindung.

Mempunyai struktur basilika bizantium, kubahnya dapat terlihat meski dari kejauhan. Dari sejak pembangunannya pertama kali pada zaman nabi Adam, sudah mengalami banyak perubahan, renovasi, pembongkaran, hingga transformasi sampai hari ini.

3. Kota Tua Yerusalem

Merupakan kota di Palestina, menyimpan banyak bangunan bersejarah bagi penduduk muslim, kristen hingga yahudi. Seperti adanya kuartal Kristen, berada di barat laut kota. Kemudian juga ada Gereja Makam Suci, Tangki Herduan,  dan masih banyak lagi.

Juga adanya benteng kuil akhir abad pertama, Menara Daud. Ada Bukit Zaitun, yakni tempat yang diyakini Yesus sering memberikan khutbah-nya, dan ada beberapa gereja kristen lainnya.

4. Istana Hisyam

Selanjutnya ada Istana Hisyam, tempat yang pertama kali dibangun pada masa pemerintahan Khalifah Umayyah Hisyam ibn Abdul Malik, kota Jericho. Merupakan peninggalan Dinasti Umayyah berasal dari pertengahan abad ke-8.

Populer sebagai istana yang mempunyai desain interior begitu rumit serta bisa menampilkan salah satu mozaik lantai terbesar dunia yang Bani Umayyah gunakan sebagai tempat beristirahat musim dingin.

Namun, sayangnya gempa bumi yang terjadi pada lembah Yordan tahun 949 M menghancurkan sebagian besar istana tersebut. Dan proses renovasinya membutuhkan waktu dua dekade menggunakan dana internasional.

5. Bukit Zaitun

Kita sudah menyinggung tempat ini sebelumnya, merupakan wisata religi berupa pemakaman Yahudi di Bukit Zaitun. Merupakan pemakaman yang terbesar sekaligus terpenting di dunia.

Kuburannya membentang lebih dari 250 dunam sebelah timur Bukit Bait Suci. Selain itu juga menjadi pantheon nasional serta keagamaan bagi orang Yahudi. Banyak tokoh Yahudi hingga nabi dimakamkan pada Bukit Zaitun ini.

Seperti Nabi Zacharia, Hagai, serta Maleakhi, putra dari Daud Absalom. Kemudian juga ada Rabbi Haim ben Attar(Oeah Hayyim), Rabbi Shalom Sharabi (Rashash), dan lainnya. Kawasan ini merupakan pegunungan yang ada di bagian Timur Kota Yerusalem.

Itulah beberapa wisata religi Palestina, yang dapat wisatawan kunjungi jika saja penyerangan tidak terjadi. Namun nyatanya sampai hari ini Israel terus melancarkan perbuatan kejinya pada penduduk Palestina.

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Mengenal Istana Hisham, Salah Satu Peninggalan Islam di Palestina

28 Januari 2024 - 10:42 WIB

6 Fakta Kota Tua Yerusalem, Kota Suci Bagi Tiga Agama

28 Januari 2024 - 10:35 WIB

Daftar 5 Masjid Bersejarah di Palestina, Apakah Hari Ini Masih Ada?

25 Januari 2024 - 13:20 WIB

Jadi Masjid Tertua Setelah Masjidil Haram, Ini Kisah Berdirinya Masjid Al-Aqsa Palestina

24 Januari 2024 - 14:48 WIB

Akar Konflik yang Terjadi Antara Palestina dan Israel

24 Januari 2024 - 14:42 WIB

Sejarah Palestina Sebagai Tanah Berharga Bagi Umat Muslim

23 Januari 2024 - 12:27 WIB

Trending di Sejarah