Menu

Mode Gelap
Serangan Israel di Gaza: 112 Warga Tewas dan 157 Luka-luka dalam 24 Jam Terakhir Israel Menembaki Warga Palestina yang Sedang Menunggu Bantuan Kemanusiaan Sulitnya Bantuan, Warga Palestina Terpaksa Giling Pakan Ternak untuk Membuat Roti Lebih Dari 20 Warga Palestina Syahid Akibat Serangan Udara Israel di Kamp Nusairat Jurnalis dan Dokter dari RS Nasser Jadi Target Penyerangan Israel

Fasilitas Umum · 3 Jan 2024 13:52 WIB

Masjid Kuno Al Omari Situs Penting Gaza, Dihancurkan oleh Israel


 Foto: www.islamicarchitecturalheritage.com Perbesar

Foto: www.islamicarchitecturalheritage.com

KabarPalestina.com – Masjid Al Omari, Gaza (02/01/24) menjadi target penghancuran oleh Israel. Penghancuran tersebut berhasil membuat masjid tersebut kini menjadi reruntuhan dan tinggal pondasinya saja yang masih terlihat berdiri sebagian.

Kabar tidak mengenakan tersebut disampaikan oleh Mahmoud Abusalama, jurnalis asal Palestina melalui akun Instagram  Almajd_free. Ia menyampaikan dari lokasi kejadian secara langsung.

Terlihat bangunan masjid sudah menjadi puing-puing dengan suara latar belakang ledakan bom membuat suasana terasa semakin mencekam. Ia juga menjelaskan tempat tersebut hancur total.

Masjid Al Omari, Situs Bersejarah Milik Palestina

Melalui pemberitaan tersebut juga ia sebutkan Masjid ini merupakan tempat wisata juga arkeolog dari ribuan tahun lalu.  Melansir dari Wikipedia, Al Omari juga dikenal sebagai MAsjid Raya Gaza.

Merupakan tempat ibadah umat muslim terbesar juga tertua berada di Jalur Gaza. letaknya berada di kota Tua Gaza. Sebelumnya merupakan sebuah gereja yang berdiri pada abad ke-5 oleh Bizantium.

Setelah terjadi penaklukan oleh umat muslim pada abad ke-7, bangunan tersebut berubah menjadi masjid. Sejarahnya tergolong panjang, namun pada akhirnya bangunan yang sempat menjadi rebutan dan mengalami perubahan bentuk beberapa kali jatuh ke tangan Ottoman kira-kira 300 tahun kemudian.

Pernah terjadi pemboman yang Inggris lakukan pada masjid tersebut ketika Perang Dunia I, dan kembali pulih pada tahun 1925 oleh Dewan Muslim Tertinggi.

Bukan Tempat Ibadah Biasa

Bangunan masjid ini bukan hanya menjadi tempat ibadah bagi umat muslim, tapi juga harta karun berbentuk arsitektur yang luar biasa. Sekaligus menyimpan sejarah keragaman Gaza dan penduduknya.

Melansir dari Days of Palestine, masjid ini menjadi saksi perubahan yang terjadi di Gaza. Sebab Gaza pernah diperintah oleh berbagai kerajaan juga dinasti. Sehingga menjadi situs sejarah penting yang Palestina miliki.

Sebelumnya, banyak wisatawan merasa tertarik berkunjung untuk menyaksikan keindahannya juga mengetahui situs sejarah dunia yang masih ada sampai saat ini. Namun sayangnya, kini Masjid Al Omari sudah hancur akibat pengeboman oleh Zionis.

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Serangan Israel di Gaza: 112 Warga Tewas dan 157 Luka-luka dalam 24 Jam Terakhir

19 Februari 2024 - 15:28 WIB

Serangan Israel di Gaza

Israel Menembaki Warga Palestina yang Sedang Menunggu Bantuan Kemanusiaan

19 Februari 2024 - 13:55 WIB

Memilukan! Anak-anak Palestina Mencari Makan di Tempat Sampah

19 Februari 2024 - 13:50 WIB

Sulitnya Bantuan, Warga Palestina Terpaksa Giling Pakan Ternak untuk Membuat Roti

19 Februari 2024 - 13:41 WIB

Pemuda Palestina Alami Luka Karena Ditabrak Tank Israel

18 Februari 2024 - 10:29 WIB

Anak-anak Palestina Jadi Korban Akibat Ledakan Bom Israel di Gaza Tengah

18 Februari 2024 - 10:23 WIB

Trending di Anak-anak